Selasa, 04 Februari 2020

Jawa barat

Jawa Barat


Jawa barat adalah sebuah provinsi di indonesia.
Ibu kota : Kota Bandung
Gubernur : Ridwan Kamil
Wakil Gubernur : Uu Ruzhanul Ulum
Sekretaris Daerah : Daud Achmad
Total Penduduk (2020) : 50.345.897 jiwa
Agama : -Islam (95,68%) 
                -Kristen (8,6%)
                  *Katolik (5,67%)
                  *Protestan (2,93%)
               -Buddha (1,94%)
               -Hindu (0,79%)
               -Konghucu (0,20%)
Bahasa : -Indonesia(resmi)
                -Sunda(dominan)
                 *Sunda Priangan
                 *Sunda banten
                 *Sunda cirebon

Provinsi Jawa Barat secara geografis terletak di antara 5º50'- 7º50' Lintang Selatan dan 104º 48'- 108º 48' Bujur Timur, dengan luas wilayah daratan 3.710.061,32 hektar.

Jawa Barat terbagi dalam 4 Badan Koordinasi Pemerintahan Pembangunan Wilayah, sebagai berikut : 
a. Wilayah I Bogor meliputi Kab.Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kab. sukabumi, Kota sukabumi dan Kab. Cianjur. 
b. Wilayah II Purwakarta meliputi Kab. Purwakarta, Kab. Subang, Kab. Karawang, Kab. Bekasi, dan Kota Bekasi. 
c. Wilayah III Cirebon meliputi Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Majalengka, dan Kab. Kuningan. 
d. Wilayah IV Priangan meliputi Kab. Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat, Kab. Sumedang, Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, dan Kota Banjar.

Masyarakat Jawa Barat di kenal sebagai masyarakat yang agamis, dengan kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional, serta memiliki prilaku sosial yang berfalsafah pada silih asih, silih asah, silih asuh, yang berarti saling mengasihi, saling memberi pengetahuan dan saling mengasuh diantara warga masyarakat.
Tatanan kehidupannya lebih mengedepankan keharmonisan seperti tergambar pada pepatah “Herang Caina Beunang Laukna” yang berarti menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru atau prinsip saling menguntungkan.


Tempat wisata di Jawa Barat
1. Kawah Putih
Kawah Putih yang sudah banyak dikenal orang akan keindahannya ini terletak di puncak gunung Patuha, Ciwidey, Bandung Selatan sehingga menawarkan udara sejuk dengan suhu 8 – 22 derajat.

Dalam perjalanan menuju tempat wisata di Jawa Barat ini, Anda juga bisa menikmati perkebunan teh tua dengan suasana yang lain bila dibandingkan dengan perkebunan teh pada umumnya seperti yang ada di kawasan Lembang dan Puncak.

Keindahan Kawah Putih yang begitu elok dan romantis. Hal ini disebabkan karena suasana unik di atas danau kawah yang dipenuhi kabut tebal serta warna air danau yang terlihat berwarna putih atau coklat susu. Bila cuaca sedang panas, warna air danau terkadang berubah menjadi warna biru kehijauan.


2. Stone Garden
Stone Garden yang berlokasi di Gunung Masigit, Cipatat sangatlah eksotis dan cocok sebagai tempat mengambil foto prewedding. Sebelumya tidak banyak orang tahu keindahan yang tersembunyi dari atas bukit Stone Garden. Padang bertabur bebatuan ini begitu menakjubkan terutama di kala pagi hari atau di senja hari saat matahari tenggelam.

Setelah sedikit menjelajah bebatuan alamiah bekas danau zaman purba ini, Anda bisa menikmati pemandangan fenomenal dari atas bukit. Selain hamparan pemandangan luas yang tersaji, sebuah taman batu di dataran tinggi di atas bukit ini akan membuat Anda bak sedang berwisata ke luar negeri.

Anda bisa menyaksikan bebatuan yang tegak dengan formasi yang artistik dari atas padang rumput di bukit yang Anda daki. Banyak pengunjung mengabadikan momen ini dengan latar pemandangan langit lepas dan hijaunya tanah pertanian serta bukit-bukit menjulang yang terhampar di depan mata.


3.  Curug cikaso
Curug Cikaso yang terletak di Desa Ciniti, Sukabumi Selatan ini memang belum begitu viral, namun keindahan air terjunnya tidak diragukan lagi. Tempat wisata di Jawa Barat ini terdiri dari tiga air terjun yang berdampingan dan kolam di bawahnya memiliki warna air biru kehijauan yang eksotis.

Ketinggian air terjun yang mencapai 80 meter serta lebar tebing 100 meter ini menyuguhkan pemandangan limpahan air yang elok dan menawan serta dikelilingi dengan hijaunya pepohonan. Air yang tercurah kemudian menciptakan kabut air yang eksotis dan sejuk menyegarkan.

Gemuruh suara curahan air terjun akan menghasilkan musik alam yang indah, sementara titik-titik air tampak jatuh menempel di dedaunan menghasilkan suasana yang segar.


4. Telaga Remis
Telaga Remis yang terletak di kaki Gunung Ciremai, sekitar 37 km dari Kota Kuningan ini, cukup populer sebagai wisata danau alami yang eksotis. Tempat wisata di Jawa Barat ini akan lebih dekat jika ditempuh dari Kota Cirebon, yaitu hanya sekitar satu jam perjalanan. Sepeda motor akan menjadi sarana transportasi yang tepat untuk mencapainya.

Jalan berkelok namun mulus dan teduh tentu tidak akan melelahkan, karena setelah itu Anda bisa menyaksikan keindahan danau berhawa sejuk dan dikelilingi oleh pepohonan pinus yang rimbun. Selain bersantai, Anda juga bisa mencoba naik perahu bebek mengitari danau dengan airnya yang kehijauan.

Anda juga bisa menyaksikan banyak orang memancing di danau ini serta berwisata kuliner menikmati sajian makanan di restoran khas Sunda bernuansa air di sepanjang jalan menuju telaga. Tidak jauh dari lokasi wisata ini, terdapat juga komplek Telaga Nilam. Di tempat ini terdapat banyak cottage yang disewakan serta pemandian alam.


5.  Taman Bunga Nusantara
Wisata taman bunga yang berudara sejuk karena berada di daerah pegunungan. Taman Bunga Nusantara yang digagas oleh Ibu Suhardani Bustanil Arifin ini sangatlah cocok untuk Anda yang ingin mengajak anak bermain di taman yang indah dan luas.

Taman bunga ini banyak berbagai jenis taman dan atraksi, seperti misalnya taman air, taman dino, taman mawar, taman rahasia / labirin, taman Bali, taman Perancis, taman mediterania, taman Jepang, taman palem, dan rumah kaca.


Tempat wisata budaya di Jawa Barat
1. Saung Angklung Udjo
kesenian Sunda ini didirikan oleh sepasang suami istri Udjo Ngalagena dan Uum Sumiati pada awal tahun 50-an. Tujuannya adalah untuk melestarikan Budaya Sunda.
Pembukaan Saung Angklung Udjo ini dimulai dengan sebuah pertunjukan Kesenian Sunda. Saung Angklung Udjo ini resmi berdiri pada tahun 1966.

Di Saung Angklung Udjo ada beberapa fasilitas kesenian hingga panggung pertunjukan yang didominasi material lokal bambu. Selain itu, wisatawan yang datang juga akan diajak untuk memainkan alat musik tradisional angklung bersama. Lokasi saung ini ada di Jl. Padasuka, Cibeunying Kidul, Kota Bandung.


2. Taman Budaya Jawa Barat
Tempat wisata ini sudah lama terkenal, bahkan sejak zaman penjajahan Belanda. Namun dulunya tempat ini adalah tempat minum teh dan kuliner dengan nama Dago The Huis (Rumah Teh Dago).

Seiring berjalannya waktu tempat ini berganti fungsi menjadi Taman Budaya Jawa Barat. Saat ini tempat ini bernama Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat. Penggantian fungsi ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Sunda. Wisatawan bisa melihat pertunjukan dan teater terbuka khas Sunda.


3. Kampung Mahmud
Kampung Adat Mahmud merupakan pusat penyebaran islam di kota Bandung. Lokasinya ada di Desa Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Sesuai namanya, kampung ini memang hanya kampung kecil, namun memiliki peranan yang besar untuk masyarakat Bandung di masa lalu.

Nilai historis dari kampung ini adalah sejarah pekembangan dan persebaran agama Islam. Kesederhanaan segera terasa begitu masuk ke kampung ini. Tidak seperti lokasi wisata lain yang selalu hingar bingar, tidak banyak wisatawan yang datang


4. Museum Barli
Museum ini tidak cukup ramai dan jarang ada wisatawan. Menempati sebuah bangunan bekas peninggalan Belanda, museum ini mengusung kehidupan dan karya seni dari pelukis terkenal dari Bandung yang bernama Barli Sasmitawinata. Di sana tentu saja ada karya lukis Barli dari waktu ke waktu.

Barli merupakan pelukis asli bandung yang lahir pada tahun 1921. Beliau belajar melukis di studio Jos Pluimentz, seorang pelukis dari Belgia. Barli ini sendiri satu angkatan dengan Affandi dari Jogja yang juga memiliki Museum sendiri (Museum Affandi).


5.  Kampung Cikondang
Kampung adat Cikondang merupakan salah satu kampung adat yang tetap menjaga warisan budaya dari leluhur mereka. Lokasinya adalah di Desa Lamajang, Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung.

Kampung adat ini memiliki beberapa rumah adat Cikondang. Dulunya di sana ada mata air ang dikelilingi atau ditumbuhi oleh pohon besar. Pohon besar ini diberi nama Kondang. Nama inilah yang melatar belakangi nama kampung Cikondang.



Kuliner di Jawa Barat
1. Nasi lengko
Mengenai nasi lengko, olahan tersebut merupakan perpaduan antara nasi dengan isian berupa sayur dan gorengan, seperti tahu dan tempe goreng, serta daun kucai, mentimun, dan tauge. Untuk memperlengkap dan menciptakan rasa yang enak, ditambah pula dengan taburan saus kacang yang memiliki rasa gurih.

Bahkan dengan adanya cabai, membuatnya menjadi bumbu yang pedas dan membuat penikmatnya ketagihan. Selain itu, untuk memperlengkap rasa, ditambahkan pula taburan bawang goreng di atas semua campuran nasi lengko tersebut.


2. Mie kocok
Dalam satu porsi mie kocok, bisa diisi dengan mie telur, sawi, tauge, dan daun bawang, namun karena semakin banyak peminatnya, isian seperti daging dan bakso juga masuk ke dalam mangkuknya. Sebagai salah satu makanan khas Jawa Barat mie kocok sendiri cukup banyak peminatnya baik dari warga sekitar maupun para wisatawan.

Dalam porsi spesialnya dengan tambahan bakso dan daging, mie kocok bisa menjadi makanan yang kaya akan gizi, selain adanya serat pada sayur, kebutuhan protein akan didapat dari dagingnya.


3. Karedok
Makanan khas Jawa Barat karedok merupakan kuliner dengan bahan dasar sayur-sayuran segar yang disajikan bersama siraman bumbu kacang. Makanan dengan nama karedok sebenarnya mirip dengan gado-gado atau pecel, namun perbedaan paling mendasar adalah pada pemakaian sayurnya yang disajikan dalam keadaan mentah.

Diantara sayuran yang bisa dijadikan sebagai karedok adalah timun, daun kemangi, kacang panjang, kol, terong, dan tauge, kesemuanya akan dipotong kecil-kecil dan disajikan dalam keadaan mentah. Walaupun mentah, rasanya akan tetap lezat karena penggunaan bumbu kacangnya yang menimbulkan rasa pedas gurih pada sayuran.


4. Asinan bogor
Asinan bogor dengan ciri khasnya dikenal memakai kuah dari cabai merah. Berkat cabai merah inilah, warna dari asinan bogor memerah pekat dan pastinya akan menimbulkan rasa pedas.

Dalam satu porsi asinan, selain adanya kuah pedas tersebut, ditambahkan pula dengan adanya potongan sayuran atau buah-buahan, bahkan keduanya bisa digabung. Hal ini dikarenakan asinan bogor memiliki tiga varian berupa asinan buah, asinan sayur, dan asinan buah dan sayur.

Untuk sayurnya, dipakai sayur dengan jenis tauge dan kol, yang nantinya akan dipotong kecil-kecil, sedangkan buahnya adalah buah bengkuang, jambu, salak, dan nanas. Dalam pembuatan kuahnya, setelah cabai direbus, nantinya akan dihaluskan dengan campuran ebi, cuka, dan gula pasir, bari ditambah dengan air.

Jika kesemuanya sudah selesai dibuat, sayur atau buah-buahan yang telah bersih akan dimasukkan ke dalam kuahnya, namun harus ditunggu beberapa saat sampai kuahnya meresap, baru bisa dikonsumsi.


5. Roti unyil
Makanan khas asli Jawa Barat yang paling dikenal oleh masyarakat Bogor adalah roti unyil dengan bentuknya yang mini tersebut.

roti ini banyak varian rasa, mulai dari rasa khas luar negeri hingga rasa lokal, misal cokelat negro, ayam asap, keju susu, roti jagung, smoke beef keju, dan rasa-rasa lain. Dengan aneka rasa ini, orang-orang tak akan bosan untuk mengunyahnya sebagai kudapan untuk menikmati waktu senggang.


Something to do
1. Berfoto
2. Bermain
3. Berkuliner


Something to see
Melihat keindahan alam


Souvenir di Jawa Barat
1. Miniatur Angklung
     Rp. 250.000


2. Miniatur Gamelan
     Rp. 605.000


3. Wayang Golek Cepot
     Rp. 95.000


4. Miniatur Kujang
     Rp. 250.000-300.000


5. Miniatur Kalung Angklung
     Rp. 15.000

   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar